Kamis, 03 Juli 2014

Kehamilan Pertamaku



Hmmm..dimulai darimana ya?? Sejarah pernikahanku dulu deh. Kami menikah tanggal 1 April 2009, bertepatan Hari April Mop. Banyak yang ngga’  percaya aku menikah di tanggal itu, tapi begitu aku kasih undangannya, baru percaya. Jadi udah genap 5 tahun pernikahanku di tahun 2014 ini. Banyak suka & duka kami lewati bersama. Susah dijelaskan satu persatu. Yang pasti kami udah berjuang bersama untuk mendapatkan ANAK.
            Awal sebelum nikah, dari SMA jujur saja haid ku memang tidak teratur. Jika haid, perut terasa sakit sekali seperti ditusuk ribuan jarum. Dulu ada kiranti pelancar haid. Jika haid pertama datang, pelarianku selalu kiranti. Karena rasanya enak & aku juga suka jamu. Ternyata mungkin ini awal kesalahanku.
            Awal menikah, aku ngga’ pernah menghitung HPHT. Semua aku jalani saja. Hingga akhirnya aku telat, coba pake TP mahal (Sensitif) hasilnya selalu negatif. Bikin kecewa & frustasi. Trauma TP. Setahun menikah, banyak yang menyarankan ke dokter kandungan. Kami memilih RS.Pasar Rebo yang menerima ASKES disana. Tapi ternyata, untuk kandungan tidak termasuk jaminan, jadi kami membayarnya sendiri. Ada sebagian yang dibayar, tapi untuk USG diluar ASKES. Setelah tiba giliranku, menceritakan keluhan kami, kenapa anak tidak kunjung hadir, dokter menyarankan untuk USG perut & USG Trans-V. USG perut ku normal, USG Trans-V dokter menemukan ada kista kecil di rahimku. Kata dokter, terserah mau dioperasi atau tidak, tapi kalau hamil, bisa hilang sendiri. Aku selalu dengar kabar, kista walau sudah dioperasi, tidak akan hilang. Akhirnya kami menjalani obat hingga beberapa bulan. Dokter memberikan resep Cycloprogynova (kalau ngga’ salah). Minum obat itu, membuat haid ku teratur setiap bulan. Obat berhenti, haid jadi telat lagi.
            Bosan dirumah, aku minta ijin suami untuk bekerja. Akhirnya suami mengijinkan walau berat. Saat itu, kami masih 1 rumah dengan orangtua ku. Kami ada rumah sendiri, tapi perumahan masih sepi jadi kami memilih tinggal sementara dengan orangtua ku. Aku pikir, sambil bekerja siapa tahu aku hamil. Ngga’ stres dirumah, pikirku saat itu. Ternyata anak yang diharap masih belum datang juga. Aku bekerja di Pizza Hut. Mungkin karena tekanan bekerja, mempengaruhi hormon ku juga. Setelah 2 tahun bekerja, suami memaksa aku berhenti kerja & aku pun menurutinya.
            Selama dirumah, suami selalu menuruti keinginanku. Beli buku bacaan supaya ngga’ bosan dirumah. O iya, kami sudah pindah rumah lho. Ngga lama aku kerja di Pizza, kami memutuskan untuk tinggal dirumah sendiri. Jadi kami lebih mandiri. Suami membelikanku buku agama, buku resep masakan (supaya aku bisa belajar, karena masih belum ahli masak) & buku kehamilan. Walo aku belum hamil, tapi aku harus tahu soal ini. Aku sangat sayang suamiku.
            Aku selalu menuruti perintahnya. Setiap telat, dia selalu mewanti-wanti supaya jangan kecapean beres-beres rumah, kalo nyuci piring jangan jongkok, minum susu PE nya, dll. Tapi apa daya, kalo janin belum berhasil mencapai rahim, maka dia akan gugur sendiri, jadilah haid. Aku selalu bilang ke suami, kita inseminasi aja tapi dana belum ada, aku bilang kita adopsi anak aja tapi suami menolak karena yakin kita pasti punya anak sendiri & yang terakhir aku minta pisah, mengijinkan suami untuk menikah lagi (sambil nangis-nangis) tapi suami ngga’ mau, susah senang tetap harus bersama. Aku benar-benar sangat mencintainya.
            Tahun 2013, kami memutuskan ke RS.Hermina Depok. Setelah aku melakukan HSG, Alhamdulillah rahim normal, tapi rahim ku retrofleksi/rahim terbalik. Untuk HB, harus melakukan DS. Waktu cek SA suami ternyata bermasalah. Kata dokter, suami terkena Teratozoospermia. Setelah cek internet, pengobatan suami sangat mahal, 1 obat saja bisa habis 1 jutaan, makanya kami memilih yang herbal aja, minum jus 3 diva, terapi jeniper, olahraga, semua kami jalani dengan usaha & doa.
            Setiap mendengar tetangga/teman/sodara baru nikah langsung hamil bahkan kakak ipar ku sendiri, aku langsung mengadu ke suami, sambil nangis-nangis aku bilang, “Tetangga (si ini), teman (si itu), kakak ipar udah hamil, aku kapan yah?”. Ayah cuma bisa menghibur memberi nasihat. Ayah bilang,”Bunda minta apa aja bisa ayah beliin tapi ANAK ngga’ bisa, semua atas izin Allah”. Aku juga gabung di forum ibu hamil. Ternyata aku ngga’ sendiri. Aku masih punya teman lain yang juga menanti datangnya keajaiban. Sejak saat itu jika aku mendengar teman kantor ayah/teman kerja ku dulu/teman sekolah hamil, aku cuma mengucap,”Alhamdulillah...semoga nular ke aku”. Aku udah ikhlas, pasrah, karena ini udah jalan-Nya. Mungkin ini cobaan untuk kami supaya bisa melebur dosa-dosa kami yang dulu, yang dengan sengaja/tanpa sengaja udah kami lakukan & kami lupa bertobat.
            Setiap hari aku usahakan Shalat Taubat & Shalat Dhuha. Jika sempat, Shalat Tahajud juga, begitu juga suami. Berdoa memohon keturunan & mohon diberikan keikhlasan.
            Tahun 2013 akhir, aku mulai menghitung HPHT ku. Sering telat 3 hari dari haid bulan lalu. Seterusnya, haid terlambat jadi parah, telat 7 hari, 15 hari, 17 hari sampai 1 bulan telat tapi akhirnya haid juga. Awal tahun 2014, mertua pindah rumah dekat dengan rumah kami. Ibu mertua sering sakit-sakitan, ada tetangga yang menyarankan untuk berobat terapi ke P.Tarma di Pasar Minggu. Beliau ada di sana hari minggu. Sebenarnya beliau ini super sibuk sekali. Pergi ke RS.Pondok Indah, Singapura, dll tanpa ada libur. Pengobatannya juga ngga’ macam-macam. Hanya pijat sebentar & minum madu.
            Tibalah hari minggu, kami sewa mobil untuk kesana. Awalnya ibu mertua diobati lalu ibu mertua iseng tanya, “Bisa ngga’ obatin 2 anak saya ini pak? Udah lama belum punya anak”. Kata P.Tarma “Ooo..bisa-bisa”. Pertama dipijat, terasa sakit sekali. Kata P.Tarma “Bulan depan bisa langsung hamil kok”. Ternyata kista aku berubah jadi miom. Pantas saja haid suka telat lama. Suami diperiksa juga SA masih bermasalah & ada sedikit kolesterol.
            Selama 1 bulan tiap hari minggu kami kesana. Untuk madunya hanya membayar 100 ribu & untuk P.Tarma seikhlasnya aja. Tapi kami selalu sepakat untuk 1 orang yang dipijat, kasih aja 50 ribu. Demi anak kami ngga’ perhitungan, toh terapinya hanya minum madu & pijat saja, bukan obat. Alhamdulillah haid ku jadi lancar. Kemarin tanggal 29 Maret, eh bulan berikutnya tanggal 29 April aku haid lagi.
            Tibalah bulan Mei, tanggal 26 Mei aku lihat di CD, kok kaya’ ada spotting? Kaya’ keputihan, tapi ada warna pink ditengahnya. Aku bilang ke suami, “Ayah, ini ada spotting”. “Apa artinya? Kata suami. Aku bilang, “Kata mbah gugel, ini sedang penempelan embrio”. Kata ayah, “Moga positif ya bunda, amiin...”.
            Tanggal 27 Mei, ayah ulangtahun. Pengen kasih kado TP 2 garis. Tapi apalah daya, masih 1 garis. Ngga’ aku buang, tetep disimpan. Karena hari ulangtahun ayah & hari libur, kami pergi jalan-jalan. Pulangnya aku lihat TP tadi pagi, ada 2 garis tapi samar banget. Masih belum yakin, tanggal 1 Juni, sebelum ke P.Tarma aku sempetin TP lagi. Masih negatif, pake onemed. Sedih...pengen nangis tapi aku udah ikhlas. Setiap melihat TP negatif, aku berusaha tegar & ngga’ akan cengeng lagi.
            Ketemu P.Tarma, kita bilang kalo aku udah telat. “Bisa ketahuan ngga’ ya saya udah hamil apa belum?” tanya ku. Waktu aku dipegang oleh P.Tarma, dia bilang ”Udah ada nih.. Kuat kok”. Kami yang dengernya seneng + pengen nangis. Akhirnya, penantian kami selama 5 tahun. Trus kami bilang soal TP yang masih negatif. Kata P.Tarma, “Ngga’ kok itu udah ada, udah kuat”. Minum madunya yang tadinya madu penyubur, jadi madu ibu hamil.
            Keluar ruangan di dalam mobil, aku tanya ke ayah “Mungkin ngga’ yah? Atau P.Tarma cuma pengen bikin kita seneng aja?”. Kata ayah “Ngga’ tau juga bunda... Kalo bener ya Alhamdulillah”. Kata suami, “Hasbunallahu wa ni’mal wakiil, Cukuplah Allah bagi kami & Dialah sebaik-baik pelindung. Kita pasrahin segala urusan ke Allah swt”. Dan aku percaya Allah bersama kami.
             Hari senin tanggal 2 Juni, ayah pergi menginap karena tugas kantor selama seminggu. Tanggal 3 hari selasa, paginya aku masih penasaran apa kata P.Tarma. Aku baca lagi prosedur TP. Ngga’ lama 2 garis muncul, tapi yang 1 samar. Mungkin kemaren itu memang 2 garis, tapi ngga’ aku ‘tidurin’ TPnya, masih dalam keadaan ‘berdiri’, jadi hasilnya rancu. Hari sabtu mau ke bidan bareng ayah, aku TP lagi paginya pake woman choice, Alhamdulillah 2 garis terang banget. Katanya hasil woman choice sama juga kaya’ hasil laboratorium. Aku beli di seven eleven depok.
            Sebelum hamil, ibu mertua bilang, “Kalo bulan depannya kamu hamil, berarti udah atas izin dari Allah, tapi lewat P.Tarma. Karena semuanya ngga’ mungkin kalo bukan atas izin dari Allah”. “Iya bu”, kami bilang barengan waktu itu. Soalnya, selain lewat P.Tarma, kami juga melakukan bekam & doa.
            Dengan begini, kami yakin aku positif hamil tapi belum pasti karena harus menunggu USG dokter. Saat melihat 2 garis, aku cuma bisa bilang “Alhamdulillah...”, udah ngga’ nangis-nangis lagi, ngga’ tau kenapa. Padahal ini kan momen yang ditunggu-tunggu selama 5 tahun.
            Persiapan lain sebelum hamil aku & suami:
1.    Bekam. Ayah udah sering, 1 bulan sekali, aku cuma sekali aja karena bulan depannya udah hamil. Kalo udah hamil, stop bekam deh.
2.     Ikut terapi ke P.Tarma
3.     Olahraga
4.    Makan masakan sendiri. Kalo mau jajan (makan mie ayam, bakso, dll) nunggu ayah libur aja.
5.  Sedekah. Kami punya kotak sedekah khusus untuk Masjid di rumah, sebelum masukkan uangnya, aku bilang “Bismillah... Ini sedekah untuk anak kita juga, semoga aku cepat hamil Ya Allah, amiin...”

            Tips HB aku & suami:
1.     HB di pagi hari. Kalo malam, ayah kecapean.
2.     Selesai HB,  miss v ngga’ aku sabunin. Cukup siram air aja kalo BAK. Katanya sabun bisa bikin mati SA.
3.   Cek pake Onemed Test pendeteksi masa subur. Kalo udah garis 2, langsung HB hari itu juga.
4.    Selesai HB, direndam kurang lebih 1 jam dalam keadaan  kaki terbalik & diganti posisi ‘nungging’. Jadi kaya’ DS kan.
5.     HB jangan kearah kiblat.
6.  Saat shalat fardhu terakhir, saat sujud, dalam hati aku baca “Ya Allah, berikanlah hamba kesempatan untuk mengandung & melahirkan”
7.   Selesai shalat, baca Surat Al-Ikhlaash (1x), Al-Falaq (1x), & An-Naas (1x) ditiupkan ke telapak tangan lalu di usap ke perut searah jarum jam.
8.     Sebelum HB baca doa:
“Bismillahi Allahumma Janibnasy Syaithaana wa Janibisy Syaithaana maa Razaqtanaa (1x)
“Rabbi Hablii Minashshalihiin (7x)”. QS.Ash-Shaafaat [37]: 100. Bacaan untuk setiap selesai shalat fardhu.
“Rabbi Habli Minladunka Dzurriyyatan Thayyibatan Innaka Samii’uddu’aa (1x)”. QS.Ali Imran [3]: 38. Bacaan selesai shalat juga.

Persiapan TP: Urine pertama di pagi hari, ngga’ usah minum air putih ya, natural aja, kaya’ BAK. Usahakan urine dikeluarkan sedikit, ditahan sebentar, dikeluarkan lagi sisanya untuk ditampung didalam cawan dari Direct Test (bisa di pakai berkali-kali lho, jangan lupa dicuci & dikeringkan dulu sebelumnya) & Siapin hati untuk melihat hasilnya, walo negatif tetap harus semangat & usaha bikin dede ya.
PERBEDAAN YANG AKU ALAMI:
No.
Masa Subur
Mau Haid
Hamil
1.
Udah ngerasa aneh sama miss.v, kaya’ mau haid/keputihan. Semua berasa ‘kumpul’ di miss. v, terasa berat juga.
Pas di pungung bagian tengah terasa sakit & pegal-pegal.
Punggung atas sekitar bahu pegal & pinggang terasa nyeri.
2.
Keluar cairan bening waktu BAK. Sewaktu dibersihkan air, ngga’ putus cairannya.
Jerawatan parah.
Gigi sakit & gusi berdarah.
3.
Tes pakai Baby Test Onemed untuk mendeteksi masa subur. Ternyata masa subur aku seminggu sebelum haid. Jika positif sedang masa subur, keluar 2 garis juga.
Perut terasa kram, kaya’ ditusuk jarum.
Perut kram, sedikit melilit, tapi langsung hilang.
4.
Buang gas terus (maaf ya)
Buang gas juga
Buang gas, tapi jarang
5.

Tidur pagi bisa jam 10.30 (karena dirumah sendiri jadi bebas deh)
Tidur jam 8. Mata udah ngga’ tahan pengen merem.
6.

Payudara besar
Payudara membesar juga
7.

Waktu mandi, badan gemetaran. Kaya’nya karena miom itu yang bikin dia nolak terima janin baru.
Rambutku pendek, tiba-tiba jadi panjang. Terasa perbedaannya.
8.

Kerja dikit, keringetan.
Bangun tidur, tangan kesemutan & kaki di tumit sakit saat berjalan
9.


Minum air putih jadi hambar, terasa kaya’ mentah. Padahal suami selalu beli aqua galon bukan yang isi ulang.
10.


Mimpi gendong anak orang. Tapi setelah + mimpi udah hamil gede.
11.


Kerja dikit langsung keringetan juga.
12.


Pusing cium parfum suami. Padahal favorit aku lho.
13.


Aku ngga’ mual, tapi suami. Waktu mandi, dia woe..woe gitu.
14.


Mata jadi kabur. Aku udah minus sih, tapi terasa jadi parah aja.
15.


Sering BAK
16.


Buang ludah melulu.



INFO TAMBAHAN:
·    Terapi Saraf Murni ke P.Tarma: Swadya 1, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Telp: 0817-435-643/0813-2202-0928 (arah Poltangan Raya 1 -> Swadaya 1 -> Gapura pertama -> Belok kiri -> Masjid Jami’ Annur -> Lina salon: tempat terapi P.Tarma)
·    Bekam di Na-Tura Health Center Depok: Jl. Margonda Raya no.535A Depok. Telp: 727-0642
·        Baby Test Onemed, 1 pack isi 5 strip, harga Rp40.000,- Suami beliin 5 pack tapi aku cuma pakai 3 strip. Jadi sisa deh. Rencananya mau buat teman kantor/tetangga/saudara yang belum hamil. Hubungi Mba’ Dessy untuk info lebih lanjut. Telp: 0857-1693-9396.
·    Minum Garcia. Baca dari gugel, katanya untuk menghilangkan miom, makan buah manggis. Tapi karena aku ngga’ mau repot, aku minum aja Garcia, terbuat dari tablet.


KETERANGAN:

1.
HPHT
:
Hari Pertama Haid Terakhir
2.
USG
:
Ultrasonography
3.
PE
:
Prenagen Esensis
4.
Inseminasi Buatan
:
Proses pembuahan dengan cara memasukkan sperma ke dalam rahim
5.
HSG
:
Histerosalfingografi, pemeriksaan rontgen untuk memeriksa ada atau tidaknya kelainan pada tuba & rahim wanita
6.
DS
:
Doggy Style
7.
SA
:
Sperma
8.
Teratoozoospermia
:
Adanya gangguan pada infertilitas/kesuburan yang dikarenakan adanya abnormalitas bentuk sperma. Jadi dapat disimpulkan jika terlalu banyak bentuk sperma yang abnormal maka akan terjadi kondisi gangguan kesuburan yang menyebabkan sulitnya mendapatkan kehamilan.

Doakan semoga saya & janin saya sehat, sempurna, tanpa kurang satu apapun & bisa lahir dengan lancar juga selamat ya, amiin.


 Sebagian buku koleksi ku
 

 Onemed Baby Test



 Telat 5 hari



 
 Telat 9 hari


 Janin ku usia 7 minggu 5 hari

46 komentar:

  1. subhanaallah... selamat y bunda atas kehamilannya. akhirnya setelah penantian 5th terwujud jga. salam kenal namaq nadya. membaca cerita bunda dari awal sampe akhirnya aq terharu bunda sampe nangis bacanya. semangat bunda bisa menjdi motivasiq untuk tidak berputus asa n selalu berusaha untuk mendapatkan anak. cerita bunda membuatq semakin optimis. bunda aq curhat nih, soalnya aq g tau mau curhat ke siapa. aq udah menikah hampir 6bln bun, tapi smpe skrg blm mendapatkan momongan. sejak awal nikah tiap menjelang tanggal haidq aq slalu H2C, kira2 telat g ya. berharapnya sih telat tapi tamunya slalu dateng tepat waktu. kadang aq sedih jga klo ditanya org udah hamil atau blm. aq jga ngarasain sedih sperti yg bunda alami kalo mendngar teman atau tetangga yg bru nikah lgsg hamil. setiap saran dari temen, tetangga agar cpat hamil slalu aq lakuin. sampe aq bli buku panduan cara cepat hamil. mulai dari minum vitamin E, jamu dingin2, vitamin asam folat, makanan2 yg dianjurkan dibuku smua aq lakuin. bahkan sampai posisi HB yg bsa bkin cpat hamil.. :) tapi tetep aja blm ada tanda2 hamil. sampai akhirnya bulan juni, seharunya tgl 24 juni aq haid, aq tunggu2 trnyata tamunya g dateng. dalam hati ada rasa senang soalnya aq trlambat haid n lemungkinan itu slah satu tanda hamil. hari k-3 aq cba TP pake sensitif yg disitu tertera bisa mendeteksi kehamilan 7hari stlah pembuahan, karna udah pnsran bnget tapi hasilnya (-), kecwa sih iya bun. telat seminggu aq cba TP lagi pake one med hasilnya(-) lagi. sedih banget rasanya bun klo lhat hasil TP (-). akhinya aq mutusin untuk tes lagi di hari k-16 karna waktu aq baca dbku melakuakn tes waktu yg tepat adalah 2 minggu stlah telat haid. slama aq telat mens aq semper ge-er yakin hamil cz aq ngalami kyk tanda2 awal kehamilan. sprti PD tegang, puting sakit, kadang mual jga, nyeri dibagian bawah perut, gampang lelah, pngennya santai2 trs. eh g taunya di hari k-12 malem ada bercak coklat di CD. aq berfkran pa aq mens ya. krna aq postif thingking aq pkir tu berck tanda hamil. nah kebetulan waktu itu suamiq pas lagi mnta jata, akhirnya qt HB. slesai HB aq lhat kq g da darah keluar, jdi aq yakin g mens. pas paginya yaitu hari k-13 da bercak lagi di CDq. pas aq cium baunya bukan seperti bau darah haid. akhirnya aq biarin aja. stlah beberapa jam aq keluar darah mens banyaj banget disertai perut bagian bawah nyeri banget pdahal aq jarang ngalami nyeri haid. itu pun g sesakit ini. waktu mens keluarnya rasanya sedih banget, harapan hamil lgsg sirna sudah. aq cerita ke suamiq klo aq mens. aq tau diraut wajah suamiq ada rasa kekecewaan jga tapi dia mencba menghiburq. kira2 knapa y bun aq telat mens. ini adalah telat mens terlama dlm sejarah hidupq. biasanya selalu klr teratur. oia sblm jatuh tempo tanggal haid d bulan juni aq sakit flu n batu akhirnya aq suntij k dokter n diksh obat. tapi sampai sekrg flu n batuknya g sembuh2 jga. apa gara2 aq sakit ini ya jdi aq telat mens? apa iya sakit flu ma batuk bisa mengganggu hormon. maaf ya bun terlalu panjang curhatnya. aq tunggu balasannya dari bunda. aq doakna semoga debaynya sehat selalu... Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba.. Maaf baru balas. Aku coba jawab walo mungkin ada salah kata. Menurut aku, haid telat karna hormon kita sedang menyesuaikan diri, setelah menikah. Tapi klo mba pengen jawaban yang lebih memuaskan lagi, mba bisa ke dokter kandungan. Biasanya langsung di USG. Jika negatif, mungkin dokter akan memberikan obat pelancar haid.
      Klo udah jadwal haid, biasanya ku stop HB sampe bener" haid datang. Habis itu, promil lagi dari awal.
      Tetap berusaha ya mba. Karena Allah pasti akan memberikan amanah-Nya (anak) disaat yang tepat.

      Hapus
  2. Assalamualaikum,wah bun selamat yh atas kehamilannya,aku juga pngen bgd nih hamil udh mau 1 th menikah,,bisa mnta alamat lgkp P.Tarma ga?Atau patokan yg mudah dicari dng tmpt praktek P.Tarma karna aku sering ke ps.minggu.Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Wa'alaikumsalam wr wb.. Makasih ya bun. Sudah saya tulis di info tambahan di atas bun. Bisa dicoba ke google map nya bunda..


    http://goo.gl/maps/K364E

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Mba ayumi, aku dewi(salam kenal)selamat atas kehamilannya ya mba..semoga sehat terus smp waktunya melahirkan nanti.Mba dan bayi sehat terus.amin..
    Mba, mau tanya kl ke pak tarma itu antri banget ga yah?dan untuk waktunya hari minggu aja ya mba?
    Mba ayumi, blh minta nomer/pin bb nya mba?aku mau tanya2 mba :) semoga berkenan ya mba.terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb. Iya makasih ya mba.
      Ngga' antri mba, tapi siapa yg datang duluan,langsung masuk aja. Klo praktek di ps.minggu cuma hari minggu aja.
      Qu ngga' ada pin bb, maaf ya mba.. Moga mba juga cocok ya di sana, aminnn...

      Hapus
    2. Amin..
      alhamdulillah..akhirnya dibales, sangat ditunggu2 ini.mksh ya mba sdh menyempatkan bls..
      jadi ada no antriannya gitu ya mba?
      mba kl di pak tarma itu biayanya brp?
      trs kita hrs brp kali kesana?bukanya dr jam brp ya mba?
      apa perlu kita bawa rekam medis yang sudah ada mba?kita bisa tlp ke no.pak tarma untuk buat perjanjian/hanya untuk tanya pak tarma praktek apa engak ya mba?
      mba ayumi..maaf banget ya aku nanyanya banyak banget inih mba :) semoga berkenan bales lagi ya mba

      Hapus
    3. Pagi mba ayumi...
      mba aku boleh minta alamat emailmu,terima kasih ya mba ayumi.semoga mba selalu sehat sampai melahirkan nanti..Amin Ya Robbal Allamin

      Hapus
    4. Maaf ya lama balas karna jarang buka blog..
      - Ngga ada no.antri, cuma nunggu aja, sapa yg dateng duluan, langsung masuk
      - Untuk P.Tarma seikhlasnya, untuk madu 100ribu. Klo qt biasa ngasih 50ribu
      - Dulu awal qt terapi 1 bulan full kesana tiap hari minggu, bulan ke-2, 2 minggu sekali. Alhamdulillah langsung hamil
      - P.Tarma dari pagi sekitar jam 11-14.00. Klo udah sepi, langsung pulang
      - Ngga' perlu bawa rekam medis, karna beliau udah tau penyakitnya dengan hanya memijit aja
      - Klo mba' mw kesana, iya ngga' pa" telpon aja dulu untuk memastikan buka praktek apa ngga' hari itu
      - Email juga jarang buka, tapi bisa kirim ke; bidadaripewe@gmail.com

      Iya makasih mba' doa nya. Moga mba berhasil juga ya, aminnn

      Hapus
  5. Slm knl mb ayumi slmt atas kehamilannya....saya retha, mau tny, berobat ke pak tarma apa aja yg dipijit, perutnya saja atau semua badan. Lalu kalo istri yg dipijit apakah buka baju...? Mhn dibalas.tks.gbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salam kenal juga..
      Dulu dipijat kaki, tangan & punggung. Krn ada miom, di urut perut sekali aja. Setelah itu, pijat seperti biasa.
      Ngga dibuka baju kok, tenang aja..
      Moga berhasil ya.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa’alaikumsalam wr wb.. Iya makasih ya mba’. Salam kenal juga. Semoga mba’ & suami berhasil juga ya, amin. Maaf telat balas, karna saya jarang buka blog. Makasih udah berkunjung..

      Hapus
  7. Salam kenal mb.. Ikut senang yaa mb atas kehamilannya, terharu pas bacanya :-) , saya udh 1th lebih mb nikah tp belom diberi momongan juga, mb saya juga adaa gangguan mens, duluu waktu pertama" mens ituu selalu lancar tepat waktu,a.. Nah pada suatu hari saya dibelikan kiranti samaa ayah saya jd lh mungkin karna ituu mens skrg gk jelas mb.. Pertama gk mens 3bln mb akhir,a berobat kedokter diberi 2 macem abis ituu lancar mb nyampe bertahun" hingga akhirnya pas nikah ini mb 3bln gk mens karna skrg udh pindah tempat tinggal ikut suami jd lh saya pindah dokter, tp dokter yg sekarang hanya memberi 1 macem obat aja mb.. Dan setelah minum obat dr dokter yg sekarang mens lancar tp klo stop yaa gk mens mb, kaya ketergantungan gitu..Saya skrg harus dipancing obat dokter dlu klo mw mens mb kata dokter kurang hormon.. Bisaa gk yaa mb madu p tarma melancarkan mens ku lg??? Rencana sya n suami mw kesana mb.. Doakan Semoga Berhasil yaa mb.. Terimakasihh atas informasinya, sangat membentu sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba..tetap positif thinking ya mba. Semoga berhasil ya mba

      Hapus
  8. Iya makasih banyak.. Kan namanya kita usaha, ya dicoba aja mba. Aku ngga berani jamin. Semuanya atas izin dari Allah juga, tapi mungkin pas aku hamil, sedang pengobatan ke P.Tarma. Jangan menyerah ya mba, tetap semangat ^^

    BalasHapus
  9. sangat tersentuh skali saya mbag, saya jg nikah udah stahun, tp saya dan suami masih blm dikasih momongan. sy sangat ingin pnya baby, apalagi di keluarga suami sy semua kakak ipar saya sudah mempunyai baby, nikah setahun udah ngelahirin baby. hampir semua kluarga suami sy slalu menanyakan "kpan pnya baby? kok lama banget?" disitu sy cman senyum sambil jwb, "masih belum diberi sama yg diatas", "ini 2bln nikah udah hamil", "dia aja udah lahiran, kpn km hamilnya?" dll, jujur sbnernya sy pingin nanngis, tp sy tahan, sy gk brani crita sama suami, cuman bisa diem. hingga saya pernah telat hampir 3 minggu, tp gk brani tp. takut negatif lagi, dan bnar stelah telat tiga minggu sy haid, tp beda bgt, deras, sampai shari sy berkali2 ganti pembalut, 3 hari sudah slesai, satu minggu sy haid lg dan sama, begitu hingga 4 kali, lalu sy k dokter kandungan atas saran kaka ipar sy, disitu sy langsung terapi pkai kb pil buat ngatur haidnya, hingga 3 bln kemudian sy dipijat urut oleh ibu sy ke dkun bayi, nah kata dukun bayi , "ni jauh sel telurnya, sedikit lama kalau mau pnya momongan", disitu langsung membuat sy "down", apalagi stelah dipijat mlm harinya perut sy nyeri skali, lalu kluar flek tiga hari, sy hub dukun bayinya katanya gpp, tu proses pembersihan(sisa2 haid), maklum sy ksana slepas sy haid. namun keputihan menyerang dan haid yg seharusnya blm jadwalnya malah datang lebih awal maju seminggu, baru bbrp hari haid sy haid lagi, tp hnya darah hitam dan gumpalan, semua membuat sy smakin beban, apalagi sbntar lagi kluarga suami sy mau ada arisan kluarga, pasti nanti sy ditanya sana-sini lagi, :(

    BalasHapus
  10. sangat tersentuh skali saya mbag, saya jg nikah udah stahun, tp saya dan suami masih blm dikasih momongan. sy sangat ingin pnya baby, apalagi di keluarga suami sy semua kakak ipar saya sudah mempunyai baby, nikah setahun udah ngelahirin baby. hampir semua kluarga suami sy slalu menanyakan "kpan pnya baby? kok lama banget?" disitu sy cman senyum sambil jwb, "masih belum diberi sama yg diatas", "ini 2bln nikah udah hamil", "dia aja udah lahiran, kpn km hamilnya?" dll, jujur sbnernya sy pingin nanngis, tp sy tahan, sy gk brani crita sama suami, cuman bisa diem. hingga saya pernah telat hampir 3 minggu, tp gk brani tp. takut negatif lagi, dan bnar stelah telat tiga minggu sy haid, tp beda bgt, deras, sampai shari sy berkali2 ganti pembalut, 3 hari sudah slesai, satu minggu sy haid lg dan sama, begitu hingga 4 kali, lalu sy k dokter kandungan atas saran kaka ipar sy, disitu sy langsung terapi pkai kb pil buat ngatur haidnya, hingga 3 bln kemudian sy dipijat urut oleh ibu sy ke dkun bayi, nah kata dukun bayi , "ni jauh sel telurnya, sedikit lama kalau mau pnya momongan", disitu langsung membuat sy "down", apalagi stelah dipijat mlm harinya perut sy nyeri skali, lalu kluar flek tiga hari, sy hub dukun bayinya katanya gpp, tu proses pembersihan(sisa2 haid), maklum sy ksana slepas sy haid. namun keputihan menyerang dan haid yg seharusnya blm jadwalnya malah datang lebih awal maju seminggu, baru bbrp hari haid sy haid lagi, tp hnya darah hitam dan gumpalan, semua membuat sy smakin beban, apalagi sbntar lagi kluarga suami sy mau ada arisan kluarga, pasti nanti sy ditanya sana-sini lagi, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti saya dulu bunda. Makanya menghindari acara keluarga. Lebih memilih kerja. Tp tetap harus silaturahmi keluarga kan. Tetap semangat ya bund

      Hapus
  11. Halo bunda Ayumi, perkenalkan saya dari tim marketing woman choice sedang mencari testimoni terhadap penggunaan produk Woman Choice. Apakah bunda Ayumi bersedia untuk memberikan testimoni tersebut?

    BalasHapus
  12. Assalammualaikum. Mba ayumi-chan.. aku sudah 5tahun menikah belum dikaruniai keturunan.. pernah 1x tapi keguguran.. mau tanya urut di P.TARMA ada syarat gak?.. makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb . Alhamdulillah ngga ada syarat apapun bunda. Hanya minum madu

      Hapus
  13. Salam kenal mba ayumi..
    Terharu baca ceritanya. Sebagai seorang wanita turut merasakan haru nya..
    Semoga semuanya sehat2 ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Sekarang anakku sudah 4th. Alhamdulillah.

      Hapus
  14. ya Allah mendengar ceritanya mbak, aku sangat termotivasi dan semangat. ini juga saya lagi menunggu si kecil. dah telat 19 hari. takut TP. Semoga ja hamil. semoga saja aku ketularan hamil. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Amin. Sudah ada perubahan ya bund?

      Hapus
  15. Dear Mba Ayumi,

    Sebelumnya selamat yah mba, aq sampe terharu nangis bacanya. Aq udah nikah 7 Bulan tapi belum hamil. Udah telat 3 minggu tapi akhirnya Haid. Bismillah semoga bisa cepet nyusul Hamil kayak mba ayumi.
    Makasih sudah berbagi informasi yang menginspirasi sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, makasih ya.. Tetap semangat ya bunda

      Hapus
  16. Dear Mba Ayumi,

    Hai mba ayumi salam kenal sebelumnya dari saya sisca-medan
    saya sangat tertarik sekali dengan blog mba karna sangat membantu wanita" yang belum memiliki keturunan..
    mba saya juga mba tanya mba,, kira" pak tarma bisa gak ya mengobati saya, saya baru" hamil mba tapi janin saya tidak berkembang dan harus dikuret dan ini sudah terjadi 2x jadi skrng sya jdi takut mncoba lg krna tkut gagal.. kira" bsa ga ya mba pak tarma memgobatinya.. terima kasih mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sisca, salam kenal, saya lia. saat ini saya dan suami berobat ke pak tarma.

      alamatnya sekarang ada 2 (yang dijakarta)
      1. Sabtu - Hang lekir 11 No. 10 (Jakarta Selatan) (Pkl 09.00-17.00)
      2. Minggu - Jl. Zambrud 2D, No. 10A (Cilandak - Jakarta selatan) (Pkl 13.00-17.00)

      Hapus
    2. Halo mba lia slm kenal. Gmn mba berhasil ga promil di pa tarma? Mhn blsnya y.thanks

      Hapus
  17. salam kenal , ini juga menarik dan harus di ketahui

    lihat juga video fakta vs mitos ibu hamil
    https://goo.gl/csy7RW

    buah yang boleh dan tidak boleh di konsumsi
    https://goo.gl/ZPwJge

    apa yang harus dihindari untuk ibu hamil
    https://goo.gl/L9vESX

    BalasHapus
  18. Bunda ayumi..terharu baca kisahnya. Sy jg mengalami hal yg sama dg bunda, udh 5 th blm dikaruniai anak. Dan udh cek ke dokter 3x tdk ada mslh hanya rahim bentuk retrofleksi. Suami jg gak ada mslh dg sperma hy type nya oligosperm atau volume sperma yg dihasilkan kurang dr jumlahnya yg bisa membuahi. Semua pengobatan alternatif jg udh kami buat. 3 bulan lalu sy sempat hamil..tp krn tdk ngerti soalnya srg telat kdg 3 hari bahkan sampai sebulan. Ternyata saat itu sy hamil dan keguguran di minggu ke 8. Dlm bentuk janin udh berukuran 2-4cm. Saat ini sy terus berusaha utk bisa hamil lg. Semoga kehamilan pertama nanti bisa seindah pengalaman bunda ayumi..amin..

    BalasHapus
  19. mba ayumi, terharu saya baca tulisan dan sharing mba ayumi.
    terima kasih atas tulisan ini bisa menguatkan saya juga. saat ini saya pun ikut terapi pijat pak tarma.. sudah 5 kali saya kesana, dan saat ini yang bermasalah adalah suami saya. mudah2an atas ijin Tuhan saya dan suami bisa nyusul seperti mba ayumi. mungkin saat ini akan mba ayumi sudah besar ya. salam bwt anak dan suami mba ayumi.

    doakan kami juga yang saat ini sedang berusaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. Amin.. Tetap semangat ya bunda. Namanya kita ber ikhtiar jd tetap sabar & tawakal. Sudah ada perubahan sekarang, bund?

      Hapus
  20. Mba.. saya boleh dipinjamkan buku panduan cepat hamil dari dr. Ana ramli? 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Main kerumah saya bunda. Di citayam Depok

      Hapus
  21. Saya baru aja ke klinik Pa Tarma. Dipijit punggung, betis, dan perut. Lumayan sakit urut nya. Tapi positif thinking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul di daerah situ pijatnya. Cepat kan ya. Sekarang gimana bunda, ada perubahan?

      Hapus
  22. Assalamualaikum ka.. aku mau tanya klo untuk laki" dipijat apanya yah ka, soalnya aku jg Lgi menanti kehadiran buah hati. Aku udh mau 4 thun pernikahan blm hamil jg. Udh segala cara urut kesana sini sampai herbal sudah dijalani, tpi blm hamil jg.. semoga aku jg bisa hamil seperti bunda Ayumi yaa😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb.. Untuk laki" pengobatannya sama aja. Di pijat telapak kakinya. Semoga disegerakan memiliki anak ya bunda, amin

      Hapus
  23. pa tarma .. yg suka buka d bdg juga kan mba ? yang madunya dari kina .. ada madu hitamnya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, jarang buka blog. Krn udah lama nggak kesana, jd udah agak lupa. Sepertinya madu hitam ngga ada bund

      Hapus
  24. Assalamualaikum mbak ayummi..mau tanya ibu mertua mba ayummi yang pertama berobat kesana sakit apa ya?sekarang bagaimana perkembangannya mba?
    untuk terapi seperti jantung atau asam lambung bisa jugaya di pa tarma?
    terima kasih sebelumnya..salam sehat semuanya mba

    BalasHapus